Jumat, 10 Mei 2013

CONTOH LAPORAN HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI DI PULAU DEWATA BALI


LAPORAN HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI
DI PULAU DEWATA BALI










Di susunoleh :
1. RifqiFebrianDalyono
2. DyahAyuUtami
3. FebriUtari
4. DedyPurnama





SMA N 1 MINGGIR
2012


HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI
DI
PULAU DEWATA BALI
Telahsahdandisetujui
PadaTanggal 20 Januari 2013



Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Minggir





Drs. Suharto
NIP:

WaliKelas





Drs. Subandi
NIP:







HALAMAN MOTTO























PERSEMBAHAN

Denganmengucapsyukur Alhamdulillah, kami persembahkanLaporanHasilKunjunganIndustri di PulauDewataBali  iniuntuk orang-orang yang kusayangi :
·         Kedua orang tuapenulis yang telahbanyakmembantupenulis, baikdarisegimorilmaupunmateril ,Karenatanpado’adandukunganbeliaupenulistidakdapatmenyelesaikanlaporanini.
·         Seluruh Guru dan Staff SMA N 1 MINGGIR
·         Adikkelas kami yang sekiranya b














KATA PENGANTAR

SegalapujisyukursayapanjatkankehadiratTuhan Yang MahaEsaatasberkatdanrahmatnyasehinggapenulis  dapatmenyusunlaporaninidanmenyelesaikannyatepatwaktutanpakendalaapapun.

Dalammembuatlaporaninitentusajamasihbanyakkekurangan yang Penulislakukan, olehkarenaituPenulisberharapkepadapembaca  untukmemakluminyadanjugamohon  kritikdan saran daripembacasekalian.
Sayajugaberterimakasihbanyakkepada :
1.        Kedua orang tuapenulis yang telahbanyakmembantupenulis, baikdarisegimorilmaupunmateril ,Karenatanpado’adandukunganbeliaupenulistidakdapatmenyelesaikanlaporanini.
2.        Seluruh Guru dan Staff SMA N 1 MINGGIR

Dan jugasemuapihak/teman-teman yang membantumemberikanreferensidanmasukansehinggalaporaninidapattersusun .
Kiranyacukupsekianpengantarinisayabuat, semogalaporaninidapatmembantupembacasemua yang memerlukan, terimakasih.


                                                                                                Penyusun





Daftar Isi

HalamanPengesahan ………………………………………………………………
Halaman Motto ……………………………………………………………………….
HalamanPersembahan ……………………………………………………………..
Kata Pengantar ………………………………………………………………………
Daftar Isi ……………………………………………………………………………....
Bab I. Pendaluhan …………………………………………………………………...
a.    Letak/LokasiPabrik ………………………………………………………….
b.    Sejarah ……..…………………………………………………………………
Bab II. KeadaanPabrik ……………………………………………………………...
a.    SusunanOrganisasi …………………………………………………………
b.    TugasdanKewajiban ……………………………………………………….
c.    JumlahTenagaKerjadanSistemPengajian ……………………………..
Bab III. KegiatanProduksi …………………………………………………………..
a.    JenisKegiatanProduksi …………………………………………………….
b.    Volume Produksi ……………………………………………………………..
c.    BiayaProduksi ……………………………………………………………….
d.    Pemasaran ……………………………………………………………………
e.    Keuntungan …………………………………………………………………..
f.     PembuanganLimbah ……………………………………………………….
Bab IV. PrasaranaPabrik …………………………………………………………...
a.    PrasaranaProduksi ………………………………………………………….
b.    PrasaranaKeamanan ……………………………………………………….
c.    PrasaranaPerhubungandanKomunikasi ……………………………….
d.    PrasaranaPemasaran ………………………………………………………
e.    PrasaranaSosial ……………………………………………………………..
f.     PrasaranaPendidikan ……………………………………………………….
g.    PrasaranaOlahragadanKesehatan ………………………………………
Bab V. Kesimpulan …………………………………………………………………..
Bab VI. Penutup ……………………………………………………………………...
Bab VII. Lampiran ……………………………………………………………………
a.    Kota-kota yang di lalui ……………………………………………………….
b.    Kesan-pesan di Bali ………………………………………………………….
c.    Foto-foto di Bali ………………………………………………………………

















BAB I
PENDALUHUAN

a.    Letak/LokasiPabrik

Jl. HayamWuruk No. 193 Denpasar – Bali
Telp       .( 0361 ) 744 8077
Fax         .( 0361 ) 241 022 E – mail . angga.collection@yahoo.com

b.    Sejarah

DewataKaosdiresmikanpadatanggal 30 Maret 2010.DewataKaosbergerakdibidangusahajualoleh-olehkhas Bali berupakerajinan Bali, kaos Bali, pernak-pernik Bali, lukisan Bali, patung Bali, sandal yang berlogokandewata, dan lain-lain.
Awalberdirinya, IbuJerobersekolah di SMA di daerahSingaraja (Denpasar).Setamatnyadari SMA, beliaumelanjutkanpendidikannyakeuniversitasdanbertemulahdenganBapakAgungDarmayudha.Tahun 1992 IbudanBapakmulaibekerja di Garment (Garment Bali Ayu) danIbumenjadiseorangdesainsquindanbisamengeksporkeluarnegeri.
Dari metodesquin (pakaitangan) tersebutberubahmenjadimesinjahitseiringdenganmajunyausahamereka.Promosipertamadilakukanmelaluisisemkredit.Dan padaakhirnyapadatahun 1997 usahaDewataKonveksiberhasilsukses.Kemudianpadatahun 2002, IbudanBapakmulaimerintisusahaDewataKaos.
Sebagaipusat souvenir &oleh - olehkhas Bali, DewataKaosselalumemberikanpelayananterbaikdankepuasandalamberbelanjakepadaseluruhpengunjungmaupunpelanggan.DewataKaosmemberikanberanekapilihanproduk - produk yang selalumencitrakanunsurdannuansaetnik Bali di setiapproduk.Ditunjangdengankualitas yang terjamindanharga yang sangatterjangkaubagisemualapisanmasyarakat.
Selainpakaian, kerajinantangandananekamakanankhas Bali , DewataKaosjugamenawarkanlokasi yang sangatstrategisdekattempatwisataPantaiSanur, denganaksesperjalanan yang sangatmudahditempuhdariberagamtempatwisatalainnya. Hamparan area parkir yang sangatluasmerupakansalahsatuupaya kami untukmemberikankepuasan, kenyamanan, dankeamanankepadasemuapengunjung.
SemuanyaituDewataKaosberikanuntukmenunjang motto DewataKaos, yaituPusat Souvenir danOleh - OlehKhas Bali yang TERLENGKAP, TERBESAR dan BERKUALITAS.
DewataKaostelahmemilikiperusahaan di bidang :
1.      Angga Collection bergerak di bidangkonveksi.
2.      Dewata Gym bergerak di bidangolahraga.
3.      DewataKaosmenjualbahankaos.
4.      DwixBordirbergerak di bidangpelayananbajubordir.
5.      DewataOleh-OlehKhas Bali menjual souvenir oleh-olehbali.
Macam-macamproduknyaantaralainkaoskhas Bali sebagaiunggulanutama yang bermerekkanDewataKaos Bali. Jugamenjualkaos barong, sarungpantai, bajuadat Bali, assesories/pernak-pernik, sandal Bali danberbagaimakanankhas Bali.


















BAB II
KEADAAN PABRIK

a.    SusunanOrganisasi

Owner                        : AgungYudha
                                    Kd. Imayati
Manager Marketing : Rahman Ismail
                                    Komang Peter
                                    GustiAyu
                                    NgurahSgung

Dewatakaosbaliinitidaksepertipadausaha-usahadaganglainnya yang memilikistukturorganisasi yang terorganisir, di DewataKaostidakmemilikistrukturorganisasinya. Disiniditerapkanpendekatansecarakekeluargaan.Semuapegawaidianggapsebagaisatukeluarga.BapakdanIbuselalumemberikankepercayaanpenuhkepadapegawainyatanpaada yang dibanding-bandingkan.Di DewataKaostidakmemiliki manager disetiapusaha.

b.    TugasdanKewajiban

Owner sebagaipemilikusahadanmengawasisemuakegiatan yang adaperusahaan.

Manager Marketing bertugasuntukmemasarkanprodukperusajhaantersebut.

c.    JumlahTenagaKerjadanSistemPengajian

Mula-mulakariawanberjumlah 2-3 karyawanseiringdengankemajuandanpermintaanpasarmakasecarabertahapjumlahkariawansekarangmenjadi 200 karyawan.


BAB III
KEGIATAN PABRIK

a.    JenisKegiatanProduksi

Dewatakaosbalimemproduksiberbagaimacamprodukantara lain kaoskhas Bali sebagaiunggulanutama yang bermerekkanDewataKaos Bali. Jugamenjualkaos barong, sarungpantai, bajuadat Bali, assesories/pernak-pernik, sandal Bali danberbagaimakanankhas Bali.

b.    Volume Produksi

Volume produksi di dewatainitergantungkepadapermintaankonsumenmakajumlah/volume produksiselaluberubah-ubahatautidakmenentu.

c.    Pemasaran

Pemasarandenganmenyetorkanbarangproduksikeseluruhtempatperbelanjaan yang ramai di kunjungiwisatawantetapimasihdalamlingkupdaerahsekitartersebut, produknyahanya di jualbelikan di daerahwisatabalidantidak di jualbelikan di daerahluar Bali.

d.    PembuanganLimbah

Untuklimbahdarihsilpruduksipakaiantidak di buangbegitusaja, melainkan di daurulangkembaliuntuk di buatkerajinantangandanberbagaimacambajuanaksehingalimbahtersebutjugamemilikinilaijual yang tinggi.




BAB IV
PRASARANA PABRIK


           
































BAB IV
KESIMPULAN


Study tour merupakansalahsatumetodepembelajaran yang memberikanpengetahuan yang komprehensifkepadaparasiswatentangsesuatuhal. TakjarangsekolahsudahmerencanakanStudi tour untukmuridjauh-jauhharisebelumnya.Lokasikegiatan, anggaranbiaya, danwaktukegiatantelahdisepakatiolahkepalasekolahdandewan guru dalamrapatkerjatahunan.Lokasi yang dipilihbiasanyatidakhanyauntuksatubidangstuditapijugabidangstudilain yang mempunyaikesamaantopik.
Begitubanyakenergi yang kitakeluarkanuntuk study Tour (ST), antara lain tenaga, pikiran, jugabiaya, namunsudahcukupefektifkankegiatantersebutuntukmendukungpembelajaran? Ada anggapan ST yang dilakukansekedarpenghilangrutinitasbelajar di kelas, Ataupunsekedar program yang dijalankankarenamengejarsetoranhasilraker.
Pengalamanhidupsesungguhnya yang diperolehlewat tour sangatbergunabagisiswa yang mempunyaitipebelajarkinestetik, siswadengantipeinibebasuntukmencurahkanseluruhpotensitubuhnya.Manfaat tour terutamadirasakanolehsiswabelia, karenasaatmerekadewasa ,merekamulaicendrungbelajarnyamelaluipenglihatandanpendengaran.
Takkalahpentingnyadalamsetiapkegiatan ST adalah Proses evaluasiataujugakegiatanlanjutan .Jikatujuan ST sekedarmendapatkantambahaninformasifaktual, evaluasinyaakanlebih formal. Namunjikatujuannyalebihpadaperubahansikapdanpengetahuan ,kegiatanlanjutan yang mungkinbisadilakukanadalahdiskusi, bermainperan, danprojekseni. Apapunkegiatanlanjutan yang kitapilih, kegiatanituhendaknyabertujuanuntukmembantusuksesnyastudi tour.









BAB VI
PENUTUP



0 komentar:

Poskan Komentar