LAPORAN
HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI
DI
PULAU DEWATA BALI
Di
susunoleh :
1. RifqiFebrianDalyono
2. DyahAyuUtami
3. FebriUtari
4. DedyPurnama
SMA
N 1 MINGGIR
2012
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI
DI
PULAU DEWATA BALI
Telahsahdandisetujui
PadaTanggal 20 Januari 2013
Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Minggir
Drs. Suharto
NIP:
|
WaliKelas
Drs. Subandi
NIP:
|
HALAMAN
MOTTO
PERSEMBAHAN
Denganmengucapsyukur Alhamdulillah, kami
persembahkanLaporanHasilKunjunganIndustri di PulauDewataBali iniuntuk orang-orang yang kusayangi :
·
Kedua orang tuapenulis yang
telahbanyakmembantupenulis, baikdarisegimorilmaupunmateril
,Karenatanpado’adandukunganbeliaupenulistidakdapatmenyelesaikanlaporanini.
·
Seluruh Guru dan Staff SMA N 1 MINGGIR
·
Adikkelas kami yang sekiranya b
KATA
PENGANTAR
SegalapujisyukursayapanjatkankehadiratTuhan
Yang MahaEsaatasberkatdanrahmatnyasehinggapenulis
dapatmenyusunlaporaninidanmenyelesaikannyatepatwaktutanpakendalaapapun.
Dalammembuatlaporaninitentusajamasihbanyakkekurangan yang Penulislakukan, olehkarenaituPenulisberharapkepadapembaca untukmemakluminyadanjugamohon kritikdan saran daripembacasekalian.
Dalammembuatlaporaninitentusajamasihbanyakkekurangan yang Penulislakukan, olehkarenaituPenulisberharapkepadapembaca untukmemakluminyadanjugamohon kritikdan saran daripembacasekalian.
Sayajugaberterimakasihbanyakkepada
:
1.
Kedua orang tuapenulis yang telahbanyakmembantupenulis,
baikdarisegimorilmaupunmateril
,Karenatanpado’adandukunganbeliaupenulistidakdapatmenyelesaikanlaporanini.
2.
Seluruh Guru dan Staff SMA N 1 MINGGIR
Dan
jugasemuapihak/teman-teman yang
membantumemberikanreferensidanmasukansehinggalaporaninidapattersusun .
Kiranyacukupsekianpengantarinisayabuat,
semogalaporaninidapatmembantupembacasemua yang memerlukan, terimakasih.
Penyusun
Daftar
Isi
HalamanPengesahan
………………………………………………………………
Halaman Motto
……………………………………………………………………….
HalamanPersembahan
……………………………………………………………..
Kata Pengantar
………………………………………………………………………
Daftar Isi
……………………………………………………………………………....
Bab I. Pendaluhan
…………………………………………………………………...
a.
Letak/LokasiPabrik ………………………………………………………….
b.
Sejarah ……..…………………………………………………………………
Bab II. KeadaanPabrik
……………………………………………………………...
a.
SusunanOrganisasi …………………………………………………………
b.
TugasdanKewajiban ……………………………………………………….
c.
JumlahTenagaKerjadanSistemPengajian
……………………………..
Bab III. KegiatanProduksi
…………………………………………………………..
a.
JenisKegiatanProduksi …………………………………………………….
b.
Volume Produksi ……………………………………………………………..
c.
BiayaProduksi ……………………………………………………………….
d.
Pemasaran ……………………………………………………………………
e.
Keuntungan …………………………………………………………………..
f.
PembuanganLimbah ……………………………………………………….
Bab IV. PrasaranaPabrik
…………………………………………………………...
a.
PrasaranaProduksi ………………………………………………………….
b.
PrasaranaKeamanan ……………………………………………………….
c.
PrasaranaPerhubungandanKomunikasi
……………………………….
d.
PrasaranaPemasaran ………………………………………………………
e.
PrasaranaSosial ……………………………………………………………..
f.
PrasaranaPendidikan ……………………………………………………….
g.
PrasaranaOlahragadanKesehatan ………………………………………
Bab V. Kesimpulan
…………………………………………………………………..
Bab VI. Penutup
……………………………………………………………………...
Bab VII. Lampiran
……………………………………………………………………
a.
Kota-kota yang di lalui
……………………………………………………….
b.
Kesan-pesan di Bali ………………………………………………………….
c.
Foto-foto di Bali ………………………………………………………………
BAB
I
PENDALUHUAN
a.
Letak/LokasiPabrik
Jl.
HayamWuruk No. 193 Denpasar – Bali
Telp .( 0361 ) 744 8077
b.
Sejarah
DewataKaosdiresmikanpadatanggal
30 Maret 2010.DewataKaosbergerakdibidangusahajualoleh-olehkhas Bali
berupakerajinan Bali, kaos Bali, pernak-pernik Bali, lukisan Bali, patung Bali,
sandal yang berlogokandewata, dan lain-lain.
Awalberdirinya,
IbuJerobersekolah di SMA di daerahSingaraja (Denpasar).Setamatnyadari SMA,
beliaumelanjutkanpendidikannyakeuniversitasdanbertemulahdenganBapakAgungDarmayudha.Tahun
1992 IbudanBapakmulaibekerja di Garment (Garment Bali Ayu)
danIbumenjadiseorangdesainsquindanbisamengeksporkeluarnegeri.
Dari
metodesquin (pakaitangan)
tersebutberubahmenjadimesinjahitseiringdenganmajunyausahamereka.Promosipertamadilakukanmelaluisisemkredit.Dan
padaakhirnyapadatahun 1997 usahaDewataKonveksiberhasilsukses.Kemudianpadatahun
2002, IbudanBapakmulaimerintisusahaDewataKaos.
Sebagaipusat
souvenir &oleh - olehkhas Bali,
DewataKaosselalumemberikanpelayananterbaikdankepuasandalamberbelanjakepadaseluruhpengunjungmaupunpelanggan.DewataKaosmemberikanberanekapilihanproduk
- produk yang selalumencitrakanunsurdannuansaetnik Bali di
setiapproduk.Ditunjangdengankualitas yang terjamindanharga yang
sangatterjangkaubagisemualapisanmasyarakat.
Selainpakaian,
kerajinantangandananekamakanankhas Bali , DewataKaosjugamenawarkanlokasi yang
sangatstrategisdekattempatwisataPantaiSanur, denganaksesperjalanan yang
sangatmudahditempuhdariberagamtempatwisatalainnya. Hamparan area parkir yang
sangatluasmerupakansalahsatuupaya kami untukmemberikankepuasan, kenyamanan,
dankeamanankepadasemuapengunjung.
SemuanyaituDewataKaosberikanuntukmenunjang
motto DewataKaos, yaituPusat Souvenir danOleh - OlehKhas Bali yang TERLENGKAP,
TERBESAR dan BERKUALITAS.
DewataKaostelahmemilikiperusahaan
di bidang :
1. Angga Collection bergerak di
bidangkonveksi.
2. Dewata Gym bergerak di bidangolahraga.
3. DewataKaosmenjualbahankaos.
4. DwixBordirbergerak di
bidangpelayananbajubordir.
5. DewataOleh-OlehKhas Bali menjual souvenir
oleh-olehbali.
Macam-macamproduknyaantaralainkaoskhas
Bali sebagaiunggulanutama yang bermerekkanDewataKaos Bali. Jugamenjualkaos
barong, sarungpantai, bajuadat Bali, assesories/pernak-pernik, sandal Bali
danberbagaimakanankhas Bali.
BAB
II
KEADAAN
PABRIK
a.
SusunanOrganisasi
Owner
: AgungYudha
Kd. Imayati
Manager
Marketing : Rahman Ismail
Komang Peter
GustiAyu
NgurahSgung
Dewatakaosbaliinitidaksepertipadausaha-usahadaganglainnya
yang memilikistukturorganisasi yang terorganisir, di DewataKaostidakmemilikistrukturorganisasinya.
Disiniditerapkanpendekatansecarakekeluargaan.Semuapegawaidianggapsebagaisatukeluarga.BapakdanIbuselalumemberikankepercayaanpenuhkepadapegawainyatanpaada
yang dibanding-bandingkan.Di DewataKaostidakmemiliki manager disetiapusaha.
b.
TugasdanKewajiban
Owner
sebagaipemilikusahadanmengawasisemuakegiatan yang adaperusahaan.
Manager
Marketing bertugasuntukmemasarkanprodukperusajhaantersebut.
c.
JumlahTenagaKerjadanSistemPengajian
Mula-mulakariawanberjumlah
2-3 karyawanseiringdengankemajuandanpermintaanpasarmakasecarabertahapjumlahkariawansekarangmenjadi
200 karyawan.
BAB
III
KEGIATAN
PABRIK
a.
JenisKegiatanProduksi
Dewatakaosbalimemproduksiberbagaimacamprodukantara
lain kaoskhas Bali sebagaiunggulanutama yang bermerekkanDewataKaos Bali.
Jugamenjualkaos barong, sarungpantai, bajuadat Bali, assesories/pernak-pernik,
sandal Bali danberbagaimakanankhas Bali.
b.
Volume Produksi
Volume
produksi di dewatainitergantungkepadapermintaankonsumenmakajumlah/volume
produksiselaluberubah-ubahatautidakmenentu.
c.
Pemasaran
Pemasarandenganmenyetorkanbarangproduksikeseluruhtempatperbelanjaan
yang ramai di kunjungiwisatawantetapimasihdalamlingkupdaerahsekitartersebut,
produknyahanya di jualbelikan di daerahwisatabalidantidak di jualbelikan di
daerahluar Bali.
d.
PembuanganLimbah
Untuklimbahdarihsilpruduksipakaiantidak
di buangbegitusaja, melainkan di daurulangkembaliuntuk di
buatkerajinantangandanberbagaimacambajuanaksehingalimbahtersebutjugamemilikinilaijual
yang tinggi.
BAB
IV
PRASARANA
PABRIK
BAB
IV
KESIMPULAN
Study tour merupakansalahsatumetodepembelajaran yang
memberikanpengetahuan yang komprehensifkepadaparasiswatentangsesuatuhal.
TakjarangsekolahsudahmerencanakanStudi tour untukmuridjauh-jauhharisebelumnya.Lokasikegiatan,
anggaranbiaya, danwaktukegiatantelahdisepakatiolahkepalasekolahdandewan guru
dalamrapatkerjatahunan.Lokasi yang
dipilihbiasanyatidakhanyauntuksatubidangstuditapijugabidangstudilain yang
mempunyaikesamaantopik.
Begitubanyakenergi yang kitakeluarkanuntuk study Tour
(ST), antara lain tenaga, pikiran, jugabiaya,
namunsudahcukupefektifkankegiatantersebutuntukmendukungpembelajaran? Ada
anggapan ST yang dilakukansekedarpenghilangrutinitasbelajar di kelas,
Ataupunsekedar program yang dijalankankarenamengejarsetoranhasilraker.
Pengalamanhidupsesungguhnya yang diperolehlewat tour
sangatbergunabagisiswa yang mempunyaitipebelajarkinestetik,
siswadengantipeinibebasuntukmencurahkanseluruhpotensitubuhnya.Manfaat tour
terutamadirasakanolehsiswabelia, karenasaatmerekadewasa
,merekamulaicendrungbelajarnyamelaluipenglihatandanpendengaran.
Takkalahpentingnyadalamsetiapkegiatan ST adalah Proses
evaluasiataujugakegiatanlanjutan .Jikatujuan ST
sekedarmendapatkantambahaninformasifaktual, evaluasinyaakanlebih formal.
Namunjikatujuannyalebihpadaperubahansikapdanpengetahuan ,kegiatanlanjutan yang
mungkinbisadilakukanadalahdiskusi, bermainperan, danprojekseni.
Apapunkegiatanlanjutan yang kitapilih,
kegiatanituhendaknyabertujuanuntukmembantusuksesnyastudi tour.
BAB
VI
PENUTUP
0 komentar:
Posting Komentar